Cari Blog Ini

Sabtu, 05 April 2014

PELAJARAN DAN FAEDAH DARI KISAH ORANG ORANG CERDAS

Karya AL HAFIZH IBNUL JAUZY ROKHIMAHULLAH


Kisah Al Adzkiya ini di susun oleh Al Hafizh Ibnul Jauzy ( 508 - 597 ),
Kitab ini berbicara tentang kisah-kisah aneh dan lucu dari orang-orang cerdas yang sarat faidah..

Penyusun membawakan 33 bab pembahasan dalam kitab ini, di antara pembahasannya adalah tentang keutamaan akal, substansi dan tempatnya.
Lalu tentang penalaran, pemahaman dan kecerdasan, serta tanda-tanda kecerdasan.
Juga di bawakan kutipan tentang kecerdasan para Nabi dan para umat-umat terdahulu, tentu juga tentang Nabi Muhammad sholallahu 'alayhi wasallam, sahabt, khalifah, menteri, qadhi ( hakim ) serta yanh lainnya.
Al Hafizh ibnul jauzy rokhimahullah mengatakan, " saya menyusun sebuah tulisan yang merangkum kisah orang-orang cerdas, yang kuat kepintarannya, dan tajam kecerdasannya karena akal pikirannya yang brilian,
Tulisan ini memiliki tiga tujuan :

1. Mengenal sejauh mana kapasitas mereka dengan memaparkan tentang kecerdasan mereka.

2. Membuka pintu para pendengar (dan pembaca ) bila pada mereka di temui potensi untuk mendapatkan kedudukan tersebut. Telah terbukti bahwa melihat kisah orang-orang cerdas dan bergaul dengan mereka akan memberikan manfa'at kepada orang yang memiliki akal fikiran. Sedangkan mendengar kisah-kisah mereka kedudukannya seperti melihat mereka, sebagaimana di katakan oleh Ar Ridha,
" Luput dariku moment untuk melihat negeri- negeri dengan kedua mataku. Semoga saja aku dapat memahami negeri-negeri itu dengan pendengaranku.



3. Membina dan mendidik bagi orang yang ujub dengan pemikirannya sendiri, yaitu dengan menyimak kisah orang-orang yang lebih tinggi kedudukannya dan sangat sulit baginya untuk menyertai pencapaian mereka.

Catatan : sedikit tulisan di atas saya sadur dari buku KISAH ORANG-ORANG CERDAS
Karya ulama' besar yang begitu syarat dengan faidah yang luar biasa penasaran seperti apa kisah lengkapnya

Mari dapatkan segera bukunya dan reguk ilmu yang ada di dalamnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar